DaerahKesehatan

RSUD Kolonodale Pertama di Sulteng Terapkan Forsa BLUD

𝐌𝐎𝐑𝐔𝐓- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara (Morut), pertama di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang menerapkan aplikasi Transformasi Sistim Akuntansi Badan Layanan Umum Daerah (Forsa BLUD) .

Aplikasi ini sangat strategis memberikan kemudahan bagi setiap RSUD untuk melaporkan pengelolaan keuangannya.

Dilansir dari laman perwakilan Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) Sulteng, Senin (03/07-23) tengah mendampingi RSUD Kolonodale di Kabupaten Morowali Utara yang implementasikan FORSA BLUD.

Status BLUD yang baru diperoleh RSUD Kolonodale pada bulan Februari 2023 lalu, namun semangat untuk mewujudkan pengelolaan keuangan dengan pola BLUD secara baik dan terintegrasi.

Oleh sebab itu, dengan mengimplementasikan Forsa BLUD diharapkan dapat menghasilkan dokumen keuangan yang tepat waktu dan akurat yang ujungnya adalah pelaporan keuangan yang memadai.

Kebutuhan akan informasi keuangan yang real time, tepat, dan akurat sudah menjadi keniscayaan di era digital saat ini. Rumah Sakit Umum Daerah sebagai salah satu pusat layanan Kesehatan di daerah membutuhkan informasi keuangan yang akurat guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP guna memenuhi kebutuhan BLUD RSUD akan informasi keuangan berdasarkan pegelolaan keuangan BLUD sesuai ketentuan yang berlaku.

Dikatahui, RSUD Kolonodale Kabupaten Morowali Utara merupakan BLUD pertama di Provinsi Sulawesi Tengah yang mengimplementasikan aplikasi FORSA BLUD.

Sejak dari penyusunan dokumen Persyaratan menjadi BLUD BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah hadir untuk mendampingi. Setelah menjadi BLUD, Perwakilan BPKP Sulteng tetap konsisten memberikan bimbingan teknis terkait penerapan aplikasi ini.**

(Kominfo BPKP Sulteng)

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!