Ekonomi

Bupati Verna Ikuti Virtual Rakornas Wasin 2021 bersama Jokowi

Agar Ekonomi Bangkit Kembali

POSOLINE.COM- Untuk memantapkan peran utama pengawas adalah menjamin tercapainya tujuan pemerintah, menjamin tercapainya program, menjamin tercapainya tujuan anggaran belanja, transparan akuntabel, efektif dan efisien.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah. Rapat secara virtual diikuti Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang bersama Asisten Administrasi dan Pembangunan Setdakab Poso Ir. H. Isnain T. Karim dan Plt. Kepala Inspektorat Kabupaten Poso Dra. Bertha M.Pd, di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso. Kamis, 27/05-21.

Rakornas yang bertemakan “Kawal Efektivitas Belanja, Pulihkan Ekonomi”, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menegaskan peran utama pengawas adalah menjamin tercapainya tujuan pemerintah, menjamin tercapainya program, menjamin tercapainya tujuan anggaran belanja, transparan akuntabel, efektif dan efisien.

“Mengikuti prosedur itu penting tetapi jauh lebih penting adalah tercapainya target target yang telah ,” tegas Jokowi

Menurutnya, ditunggu-tunggu oleh masyarakat adalah hasil dan manfaat dari setiap rupiah yang dibelanjakan oleh pemerintah. tugas pengawasan adalah mengawasi agar tidak satu rupiah pun yang salah sasaran dan disalahgunakan apalagi dikorupsi.

Selain itu, Jokowi berpesan bahwa tidak akan memberikan toleransi sedikitpun terhadap penyelewengan anggaran.

Dalam menghadapi pandemi Jokowi berharap agar semuanya dapat dihemat dan bekerja keras dalam rangka percepatan pemulihan kesehatan dan pemulihan ekonomi.

“Tahun 2021 adalah tahun percepatan pemulihan ekonomi target pada kuartal kedua dapat melompat sampai 7% dan ini bukan sesuatu yang mudah. oleh sebab itu, orkestrasinya harus benar-benar terkelola dengan baik,” ucap Jokowi

Pada kesempatan tersebut Jokowi menekankan beberapa hal kepada BPKP dan APIP dalam rangka akuntabilitas, efektivitas, efisiensi, agar ekonomi bisa bangkit kembali.

1. Meminta percepatan belanja pemerintah terus dikawal dan ditingkatkan. (Belanja pemerintah masih rendah, belanja PEN masih rendah, Pengadaan barang dan jasa masih lambat).

2. Kualitas perencanaan yang perlu ditingkatkan. (masih banyak program yang tidak jelas ukuran keberhasilannya).

3. Akurasi data (contoh data bansos yang tumpang tindih sehingga penyaluran lambat, data Pemerintah Daerah dan pusat sering tidak nyambung).

Diakhir arahannya Presiden Jokowi menyampaikan Efektivitas Pengawasan Intern membutuhkan komitmen dan manajemen yang baik untuk itu semua harus ditindaklanjuti jangan berhenti hanya di rekomendasi saja wajib dituntaskan sampai ke akar masalah sehingga tidak terjadi salah yang sama di tahun-tahun berikutnya

Berita Lainnya   Penyaluran BLT DD, Bupati Poso manfaatkan Sosialisasi Covid-19

Jokowi menekankan kepada menteri, kepala lembaga, kepala daerah, untuk menindaklanjuti secara serius hasil rekomendasi pengawasan dari BPKP dan APIP agar tidak berlarut-larut membesar dan akhirnya menjadi masalah hukum.

Hadir pada Rakornas Wasin 2021 Ketua BPKP RI beserta jajaran, Para Menteri Indonesia Maju, Ketua KPK, Jaksa Agung dan para Kepala Kejaksaan, Jajaran TNI Polri, Para Gubernur, Bupati dan Walikota Se-Indonesia. SON

Sumber : Pemkab Poso

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close