Kesehatan

Sepanjang 2020, BNNK Poso Berhasil Menekan Pengguna Narkotika

POSOLINE.COM – Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNN) Poso, Sulteng, AKBP Kahar Muzakir menyebutkan selama tahun 2020 ada 7 tersangka yang telah ditangani. Dari 7 tersangka dua orang diantaranya bandar narkoba.

Hal itu disampaikan dalam saat konfrensi pers akhir Tahun 2020 di kantor BNN Poso, Selasa, 29/12-20. Selain itu katanya sepanjang Tahun 2020 jumlah kasus dan tersangka yang berhasil diungkap oleh BNN Poso sebanyak 7 orang dari 4 Laporan Kasus Narkotika (LKN).

Untuk babuk sabu yang diamakan sebanyak 11,38 gram, babuk ganja 6,66 gram dan jumlah babuk uang Rp.2.262.000. Menurut AKBP Kahar Muzakir, jika dibandingkan di tahun 2019 naik 12 LKN dengan jumlah 13 orang tersangka.

“Ada 8 LKN ditangani BNN Poso, 3 LKN di Polres Poso dan 1 LKN di serahkan ke BNN Sulteng,” katanya menjelaskan.

Kata AKBP Kahar Muzakir, pengungkapan kasus tersangka narkoba tak lepas dari peran semua pihak mulai dari masyarakat, tokoh agama dan kalangan lainnya yang ikut terlibat dalam upaya Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Dirinya juga menjelaskan secara Nasional, BNN mencatat adanya penurunan angka prevalensi penyalahguna narkoba pernah pakai sebesar 2,4 persen tahun 2015 menjadi 1,8 persen penyalahguna narkoba tahun 2019.

Dengan demikian terjadi penurunan angka prevalensi sebesar 0, 6 persen. Artinya sampai dengan 2019 sebanyak 1 juta orang tidak lagi melakukan penyalahgunaan narkoba.

Sementara Humas BNNK Poso, Hilman Maku juga menambahkan, selain berhasil mengungkap peredaran narkoba, beberapa program unggulan dari bidang pencegahan yang telah dilaksanakan BNN Poso selama tahun 2020.

Salah satunya melaksanakan kampanye dengan tema hidup 100 persen yaitu sadar, sehat, produktif dan bahagia di masyarakat, serta pembentukan penggiat anti narkoba sebanyak 200 orang di wilayah Kabupaten Poso.

Berita Lainnya   Update Corona, Berlakukan Buka-Tutup Masuk Poso dan Penambahan Gedung Perawatan

Selain itu sepanjang tahun 2020 tercatat sebanyak 53 orang telah mendapatkan layanan rehabilitasi melalui klinik naka madonde BNN Poso terdapat 41 pasien rawat jalan dan puskesmas Wuasa terdapat 12 pasien rawat jalan.

Semua itu merupakan capaian realisasi kinerja dari pihak BNNK Poso. “Untuk capaian realisasi anggaran BNN Poso periode Januari-Desember 2020 adalah 97,49 persen,” terang Hilman. SON

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close