Kesehatan

Dalam Sehari di Poso Bertambah 62 Pasien Covid-19

POSOLINE.COM- Juru Bicara Gugus Tugas Covid -19 Kabupaten Poso dr. Marwan Neno mengakui jika angka penambahan jumlah pasien yang terkonfirmasi tersebut merupakan angka yang mengejutkan dengan dari jumlah sebelumnya.

Ketambahan ini diakui Marwan, merupakan penambahan terbesar dalam sehari sejak kasus Covid -19, bulan April sampai sekarang (November).

Namun menurutnya, jumlah tersebut diperoleh mengingat hasil uji Swab PCR yang dilakukan baru saja diperoleh dari Palu dan Makassar.

Kata Marwan, bertambah jumlah pasien covid sebanyak 62 tersebut diperoleh dari pengambilan hasil uji Swab PCR -RT yang dilakukan antara tanggal 14 November hingga 24 November 2020.

“Kita tau sendiri berapa banyak sampel swab yang diperiksa di Makassar. Tentu sangat banyak dan harus antri. Karena itu tak heran jika hasil yang kita peroleh hari ini keluar sekaligus. Padahal itu merupakan hasil tes yang dilakukan selama kurang lebih 10 hari,” jelasnya.

Meski saat ini jumlah total kasus covid -19 di Kabupaten Poso, Sulteng telah mencapai 168 orang, 6 orang dinyatakan sembuh, 6 meninggal dunia dan 99 yang saat ini masih dalam perawatan dan isolasi mandiri, namun dr. Marwan Neno meminta agar masyarakat Poso tetap tenang dan tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

“Upayakan menghindari kerumunan, menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup dan minum vitamin. Jangan menciptakan kluster kluster baru yang bisa memicu penyebaran covid semakin meluas,” pesannya.

“Kita juga berharap agar keluarga dari pasien yang saat ini sudah dinyatakan positif bersikap kooperatif dan mau diperiksa. Atau yang kebetulan tidak berada ditempat, mau melaporkan diri untuk selanjutnya dilakukan uji swab. Kita tentu tidak ingin kasus ini semakin meluas,” tandasnya. SON/Uly

Opini Anda

Berita Lainnya   Kemenkes beri bantuan Ambulance Jenazah untuk RSUD Poso
Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close