Poso Membangun

Dengan Tertib Pendataan, Pemkab Poso Efisienkan Pembiayaan PJU

POSOLINE.COM – Kalau di sejumlah daerah terjadi kenaikan pembayaran penerangan lampu jalan (PJU) dan bahkan terjadi tunggak bayar kepada pihak PLN. Justru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso melalui Dinas Perhubungan berhasil melakukan efisiensi anggaran terkait besaran pembayaran (PJU) kepada pihak PLN.

Penyerahan kendaraan juga disaksikan Ketua DPRD Poso Sesi KD Mapeda dan Anleg Moh Yusuf.

Prestasi besar ini tidak terlepas dari kerja keras jajaran Dinas perhubungan Kabupaten Poso yang selama ini secara intes melakukan pendataan terkait jumlah PJU yang berada di wilayah kabupaten Poso.

“Selain itu, dilakukan juga tertib pendataan terkait jumlah titik lampu yang aktif serta tidak,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Poso, Okto Lebang usai mengikuti kegiatan serah terima kendaraan scar life oleh Bupati Poso, Kolonel Marinir (Pur) Darmin A. Sigilipu, Selasa (23/08).

Bupati Darmin Sigilipu sedang uji coba kendaraan Scar life.

Dari hasil tertib pendataan tersebut kata Okto, pihak pemeintah daerah mampu menurunkan angka pembayaran PJU hingga mencapai 3,6 milyar rupiah.

Padahal kata Okto, selama ini pihak pemerintah daerah harus mengeluarkan biaya yang besaranya mencapai 9,2 milyar pertahun, hanya untuk pembayaran PJU yang berada di wilayah kabupaten Poso. Dengan adanya tertib data terkait jumlah real keberadaan titik lampu jalan pihak Pemda Poso untuk tahun 2020 ini hanya membayar PJU kurang lebih 2 Milyar rupiah.

Kendaraan Scar Life sedang parkir dihalaman kantor Dishub Poso

“Dalam melaksanakan kegiatan pendataan ini, pihak Dinas juga melibatkan pihak PLN, sehingga pendataan dilapangan dapat berjalan secara sinergi,” urai Okto.

Ditambahkan Okto, pihaknya berkeyakinan kedepan pembayaran PJU bisa ditekan lagi dengan adanya inovasi yang akan dilakukan berupa, menggantikan mata lampu yang selama ini digunakan berupa jenis mercuri dan akan digantikan dengan mata lampu jenis Led. “Jenis lampu led ini diketagui sangat hemad akan energy listrik. Olehya semua PJU nantinya akan kita gantikan dengan jenis ini,” pungkasnya. SYM

Opini Anda

Berita Lainnya   Kabupaten Poso dapat Penghargaan Tertinggi Pelayanan Publik
Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close