Sosial Budaya

Pandemik Covid -19, Membatasi Upacara HUT ke-75 RI di Poso

POSOLINE.COM -Meski ditengah pandemik Covid-19 melanda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso tetap melaksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi di Lapangan Maroso Poso.

Upacara Detik- Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di lapangan Maroso Poso

Kendati demikian, selain membatasi peserta yang hadir juga para petugas yang mengikuti upacara diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Poso, Kolonel Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, sesuai surat edaran Setneg pelaksanaan upacara HUT ke-75 RI dilingkup Pemkab itu terbatas.

Sebelumnya, menurut Bupati Darmin bahwa pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi dan perayaan HUT RI ini, terlebih dahulu sudah di diskusikan untuk pembentukan panitia pelaksanaannya bersama jajaran TNI/Polri.

 

Intinya kata Darmin, jadi yang ingin kita ambil dari momen perayaan HUT RI ke-75 ini adalah sakralnya. Detik detik proklamasi maupun pengibaran bendera yang dilaksanakan oleh para paskibraka.

“Alhamdulillah, Puji Tuhan dengan pembentukan panitia yang sudah berjalan dengan baik, sehingga pada hari ini kita bisa melaksanakan upacara dengan pasukan yang terbatas,” ungkap Bupati Darmin Sigilipu.

Tentu berbagai pertimbangan dan evaluasi menurutnya, Kabupaten Poso sudah masuk pada zona hijau, apa yang telah diraih bersama itu berkat kerja bersama antara satuan tugas Covid-19 yang sudah dibentuk di desa maupun di kota.

“Ini yang membuat kami merasa yakin bahwa pelaksanaan upacara ini bisa dilaksanakan, dengan catatan harus mengikuti protokol kesehatan dengan baik,” ungkapnya.

Tekait hadirnya eks Napiter pada perayaan HUT RI ke 75 ini, Purnawiran Marinir berpangkat Kolonel itu berharap agar bisa bersama sama membangun tana Poso menuju kedepan yang lebih baik lagi.

“Kalau saya lihat para eks Napiter ini sudah banyak memiliki usaha sendiri, sehingga ada lapangan kerja baru untuk mereka. Dan saya berharap eks Napiter ini bisa mengajak teman teman Napiter lainnya berbuat yang terbaik untuk Indonesia khususnya di tana Poso yang sama sama kita cintai ini,” jelasnya.

Berita Lainnya   Festival Danau Poso ke 21 di Sulawesi Tengah Promosikan Potensi Wisata 1.450 Objek Megalith Dari Zaman Batu Besar

Semetara Kepala Bagian Humas dan protokoler Pemkab Poso, I Wayan Susanto mengatakan, pelaksanaan upacara kali ini, intinya untuk menumbuhkan rasa cinta NKRI bagi setiap warga di Kabupaten Poso.

Diketahui untuk para petugas pelaksana upacara, yakni dari Kodim 1307/Poso satu regu, Batalyon 714/SM satu regu, Brimob satu regu, Polres Poso satu regu, Sat Pol PP, Damkar, Perhubungan, PNS serta para tamu undangan dan perwakilan dari masyarakat yaitu mantan Nara pidana terorisme (Napiter) yang sudah dibina, bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). SON

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close