Poso Membangun

Napu Potensial Sebagai Lumbung Bawang Putih di Indonesia

POSOLINE.COM- Kawasan Lore Utara pada April 2020 bulan kemarin, dilakukan gerakan tanam bawang putih, hal ini untuk mendukung UPSUS di Kabupaten Poso, yang dihadiri langsung oleh Kepala BPTP Sulawesi Tengah.

Kepala Balai yang didampingi oleh peneliti dan penyuluh BPTP Sulawesi Tengah Sulawesi Tengah Dr. Fery Fahrudin Munier, MSc, memberikan motivasi kepada petani untuk gemar menanam bawang putih varietas lokal, agar varietas lokal menjadi tuan rumah di rumahnya sendiri.

Tidak tanggung tanggung, ada tiga varietas ditanam di Lembah Napu 1137 m dpl dalam uji adaptasi yang dilakukan : varietas Sangga Sembayun (NTB), varietas Lumbu Hijau (hasil dari Balitsa Kementan) dan varietas lokal Tinombo.

Sebagai unggulan Sulteng varietas Tinombo adalah varietas lokal Sulawesi Tengah yang populer ditanam petani di Dusun Tompeng, Desa Ogoalas, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong ( Parimo)

Ketiga varietas yang ditanam bulan April lalu, Sabtu hari ini, 18 Juli 2020 sudah dilakukan panen perdana.

Tidak tanggung-tanggung, dua staf khusus Menteri Pertanian, Direktur Benih Dirjen Holtikultura, Kepala Balai Besar Pertanian Bogor didampingi Kepala BPTP Sulteng, Kepala Karantina Pertanian Palu serta Kadis Pertanian Poso, melibatkan diri melakukan panen perdana.

Sementara Luthfie Halide Staf Khusus Bidang Agribisnis sangat mendukung pemerintah dalam hal ini Kementrian Pertanian mendorong daerah yang potensial untuk bawang putih, karena ketergantungan terhadap impor.

“Saya sudah dua kali ke Napu dalam satu bulan, bahkan saya optimis sekali untuk keberhasilan tanaman bawang putih. Varietas Tinombo baunya lebih menyengat dibanding dua varietas lainnya,” kata Luthfie Halide Staf Khusus Bidang Agribisnis

Menurut Luthfie, saat ini seluruh wilayah penghasil bawang putih di Indonesia sudah saya datangi, tapi entah kenapa Lembah Napu saya yakin sangat potensial untuk ikut memenuhi kebutuhan bawang putih dalam negeri.

Berita Lainnya   Bupati Poso Tinjau 14 Titik Longsor antara Desa Tangkura - Sangginora

Sementara Direktur Benih Hortikulura Kementrian Pertanian Sukarman Untuk mewujudkan keinginan Napu menjadi salah satu sentra bawang putih di Indonesia,

Pihaknya segera mendorong keberadaan penangkar benih bawang putih di Napu.
“Karena untuk mewujudkan hal ini strategi yang harus segera dilakukan adalah membuat, menghadirkan penangkaran benih,” jelas Sukarman, Direktur Benih Horrikultura Kementrian Pertanian.

Selain itu pihaknya akan menjadikan varietas Tinombo sebagai bahan kajian uji DNA dan hasilnya penelitian secepatnya diketahui.

“Saya mohon ijin membawa hasil panen varietas Tinombo untuk kami short cut langsung uji DNA agar hasil penelitiannya segera kita ketahui bersama,” jelasnya. SON

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close