Poso Membangun

Pemkab Poso Dapat Kucuran Rp.130 Miliar, Pembangunan Jalan dan Jembatan Desa Doda-Lelio

POSOLINE.COM- Dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso, terkait peningkatan jalan dan pembangunan jembatan antara Desa Doda Kecamatan Lore Tengah dan Desa Lelio Kecamatan Lore Barat telah memasuki tahapan penandatangan kerja sama.

Sebelumnya, secara bertahap dukungan Pemkab Poso ini, sudah dituangkan dalam nota kesepahaman antara Balai besar Lore Lindu dengan Pemkab Poso tahun 2019 lalu, diketahui oleh Dirjend Konservasi Sumber daya alam dan ekosistem, Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan RI.

Penandatanganan perjanjian Kerja sama ini di laksanakan secara  virtual, langsung oleh Direktorat Biro Pengelolaan Ekosistem Ekonomi (BPEE) Ditjen KSDAE Kementrian LHK, Ir. Asep Sugiharta, M.sc dengan Pemkab Poso disaksikan oleh Wabup T. Samsuri, Kepala Kejaksaan Negeri Poso, Hamka B. Lapatawe, Ketua DPRD Sesi KD Mapeda,  Sekab Yan Edward Guluda, Kadis PUPR Faidul Keteng, di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Rabu 08 Juli 2020.

Dalam perjanjian kerja sama antara Kepala Balai Besar Taman Lore Lindu Direktorat Jendral Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Bupati Poso, bernomor Nomor: PKS. 723/lV-T.5/TU-PKS/07/2020, dan Nomor:415. 4/14.08/HUKUM/2020.

Kerja sama ini bertujuan, untuk meningkatkan sarana transportasi terbatas dalam kawasan Taman Nasionsl Lore Lindu (TNLL) yang menghubungkan Desa Doda Kecamatan Lore Tengah dan Desa Lelio Kecamatan Lore Barat untuk mendukung Optimalisasi pengelolaan dan pengawasan kawasan TNLL.

Dukungan dari Pemkab Poso, sejak awal disambut baik dengan rencana itu, karena hal ini menjadi tekad Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, yang sangat mendukung program pemerataan pembangunan di kabupaten ini.

“Walapun ini merupakan perjalanan panjang yang sudah dikerjakan bersama sehingga sampai pada titik penandatangan kerja sama,” jelas Darmin Sigilipu, diruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Rabu 08/07-2020.

Berita Lainnya   Kader Konservasi Nunu Argo Puselemba Lestarikan Mata Air Bagi Anak Cucu

Sehingga pembangunan jembatan dan jalan penghubung semua bisa terealisasi yang diharapkan pembangunan jalan tersebut akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di daerah Taman Nasional Lore Lindu, sehingga kerjasama ini akan menguntungkan semua pihak.

Sementara sambutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Ir. Jusman mengatakan, semua kita dapat saat ini merupakan hasil kerja sama yang sudah lama dikerjakan secara bersama-sama.

“Kami mohon arahan dari bapak Bupati Poso untuk memberikan motivasi pada kami khususnya teman-teman yang ada di pemerintah daerah yang sampai saat ini sudah bekerjasama dengan kami. Banyak yang akan kita laksanakan setelah ini namun kami yakin apabila ada kerjasama yang baik maka semuanya akan berjalan dengan baik,” ucapnya.

Dalam pembangunan jembatan dan peningkatan jalan telah disepakati Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu dan Pemkab Poso, dengan jangka 10 tahun untuk periode 2020-2030 dengan menggunakan dana senilai seratus tiga puluh milyar dua puluh tujuh juta rupiah.

Tertera, pembangunan strategis peningkatan jalan eksisting ruas jalan menghubungkan dua desa itu berada di wilayah Doda-Lelio, berada di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Kabupaten Poso, Sulteng dengan ruas jalan sepanjang 24 km beraspal hotmix, lebar 8 m ditambah pembangunan 16 jembatan baru.

Serta penataan dan pengembangan obyek dan atraksi wisata Alam, perlindungan dan pemanfaatan Lestari Kawasan TNLL, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pemberdayaan Masyarakat. SON

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close