Kesehatan

Bersih Narkoba, BNN Poso Lakukan Tes Urine di Rumah Tahanan

POSOLINE.COM- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Poso, Sulteng, bekerja sama dengan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Poso melaksanakan tes urine ke semua petugas Ruman Tahanan (Rutan) dan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Senin pagi (29/06/2020).

Dalam kegiatan itu ada sebanyak 28 orang WBP dan 27 petugas Rutan Kelas IIB Poso, baik itu wanita maupun pria ikut menjalani test urine yang dilakukan oleh tim riksa urine BNN Poso.

Tes urine disaksikan secara langsung Kepala Rutan Kelas IIB Poso, Tomi Elyus, PLT Kepala BNN Poso, Kompol Duka Bedu, Humas BNN Poso, Hilman Maku, Kepala Seksi P2M, Ardan Djafar, Kasi Brantas, AKP Alfian Komaling dan Kasi Rehabilitas, Kristian Gaibu.

Kepala Rutan Kelas IIB Poso, Tomi Elyus dalam sambutannya mengatakan, jika tujuan pemeriksaan tes urine dilaksanakan agar lingkungan rutan terbebas dan bersih dari namanya narkoba mapun zat adiktif lainnya.

Kata Tomi, rutan Kelas IIB Poso dinilai perlu untuk menghadirkan pihak BNN Poso, yang selama ini diketahui memang memiliki kewenangan dalam tugas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ditengah masyarakat.

“Tujuannya hanya satu, Rutan Kelas IIB Poso ini, harus bersih dan bebas dari Narkoba dan yang menjalani test urine hari ini. Khusus WBP akan jadi kader sekaligus relawan kesehatan, untuk menjadi contoh bagi rekan-rekan sesama WBP ditempat ini,” ungkap Tomi Elyus.

PLT Kepala BNN Poso, Kompol Bedu menyampaikan, BNN Poso sangat merespon dan berterimakasih kepada pihak rutan yang sudah mau bersama BNN Poso dalam rangka upaya pencegahan dan peredaran narkoba di wilayah Poso serta mau mewujudkan rutan menjadi Poso Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Berita Lainnya   Setelah Rapid Tes, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Ikuti Bimtek Mutarlih

Menurut Humas BNN Poso, Hilman Maku, kegiatan hari ini merupakan giat pasca Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020, serta sebagai bentuk tindak lanjut MoU antara BNN Poso dan pihak rutan Poso.

Sementara dari hasil tes urine tersebut, pihak BNN Poso menyebut hasilnya semuanya negatif tanpa narkoba.RD

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close