Polhukam

Bawaslu Poso Selektif, 50 Calon Panwascam kembalikan Berkas Pendaftaran

POSOLINE.COM – Terhitung dua hari masa pengembalian berkas bagi calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Poso, ternyata telah melebihi dari 50 calon yang telah mengembalikan pendaftaran sejak di buka tanggal 27 November 2019 kemarin.

Dikatakan Kepala Sekertariat Bawaslu Poso,  Wiliam Otniel Malala, S. IP, sebagaimana tahapan atau jadwal yang telah ditetapkan, masa pengembalian berkas bagi calon Pawascam yang telah mendaftar sebelumnya, yang dimulakan tanggal 27 November sampai tanggal 03 Desember 2019 mendatang.

Sejak dibuka pedaftaran kemarin kata Wiliam, tercatat sudah 50 lebih calon Panwascam yang mengembalikan berkas pendaftaran. “Kami optimis proses perekrutan calon anggota Panwascam Poso akan tercapai dan berjalan sebagaimana tahapan yang telah di jadwalkan,” ungkap Wiliam, saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Kamis, 28/11/2019.

Sedangkan untuk tenaga yang dibutuhkan, dari 19 kecamatan yang ada di kabupaten Poso akan dibutuhkan 57 anggota Pawascam. Dimana setiap kecamatan terdapat 3 anggota plus ketua Pawascam nantinya.

Lebih jauh dikatakan Wiliam, sebagaimana petunjuk tehnis yang ada, bahwa proses perekrutan anggota Pawascam ini berpijak pada mekanisme CAT (Computer Assisted Test).

Untuk proses ACT ini menurutnya, menghindari adanya cara cara yang bernuansa KKN dalam proses perekrutan calon anggota Panwascam. Hal ini karena semua data serta nilai test yang laksanakan akan langsung di ketahui oleh pihak Bawaslu RI.

Selain itu katanya, dengan berbasis pada ITE (CAT), diharapkan calon anggota Panwascam adalah orang orang yang memilki kemampuan atau skills ITE, sehingga berbagai pelaporan maupun  kerja kerja jajaran Panwascam kedepan sudag berpijak pada basis ITE itu sendiri.

Selanjutnya, usai pengembalian berkas para calon akan melalui ujian atau tes, dimana pada tahpan ini ada juga proses tanggapan masyarakat.

Berita Lainnya   Rekom Partai Gerindra bagi Putra Terbaik Tana Poso

“ Finalnya pada akhir desember calon terpilih sudah ditetapkan dan mereka akan berkerja Selama perhelatan serta tahapan Pilkda Poso di tahun 2020 mendatang,” tutup Alumnus IPDN itu.  Bro

Editor : Simson Towengke

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close