Poso Membangun

Pemkab Poso Genjot Petani Lore Tanam Varietas Jagung Ungu

POSOLINE.COM –  Giat Jambore Penyuluh Pertanian Se-Kabupaten Poso dilaksanakan di Desa Wuasa Kecamatan Lore Utara, Selasa 29 Oktober 2019.

Sektor pertanian salah-satu sektor yang menjadi tumpuan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso, sehingga sektor ini terus digenjot untuk melakukan inovasi, hal ini juga untuk menunjang untuk mencoba para petani di komoditi jagung.

Inovasi ini yang dilakukan Pemkab Poso melalui Dinas Pertanian berhasil melakukan uji coba tanam jagung ungu yang merupakan varietas terbaru yang hanya mampu tumbuh di dataran Tampo Lore.

Terkait dengan beberapa inovasi di bidang pertanian, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Suratno Teguh, SP. M.Si, menjelaskan, beberapa bulan ke depan di bawah pengawasan oleh Distan.

“ Karena beberapa petani kopi di wilayah Lore Bersatu juga akan melakukan kerjasama dengan pihak asing dari Negara Jerman untuk memasarkan kopi yang ditanam di Lemba Lore,” jelas Suratno.

Hal ini juga disampaikan oleh DR. Ir. Syafruddin M.P, selaku peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah, varietas terbaru Jagung berwarna Ungu yang mengandung antioksidan ini.

“  Bahwa ini merupakan unggulan tersendiri bagi Kabupaten Poso yang mampu menghasilkan makanan fungsional,” ungkapnya.

“ Sektor pertanian menjadi bagian terpenting dalam perekonomian pedesaan di daerah karena pedesaan masih menjadi sumber penghasil komoditas pertanian,” kata Bupati Poso Darmin Sigilipu, membuka secara resmi Jambore Penyuluh Pertanian di Desa Wuasa.

Sehingga menurut Bupati Poso itu,  kualitas hasil pertanian dari pedesaan dituntut selalu meningkat dan dalam jumlah yang mencukupi olehnya dibutuhkan peran penyuluh pertanian dalam keberhasilan pembangunan pertanian.

“ Lewat adanya kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan penyegaran terbaru terhadap Peran penyuluh pertanian sebagai garda terdepan dalam peningkatan kualitas petani di Kabupaten Poso” harapnya.

Berita Lainnya   Workshop Tim RAD-AMPL Poso bahas Air Minum

Dalam kegiatan pembukaan serta peresmian ini juga turut dihadiri oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah, Anggota DPRD, Pimpinan OPD, para camat Lore Bersatu, tokoh-tokoh masyarakat, para penyuluh dan anggota BPD. (Gita)

 Editor : Simson Towengke

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close