Kesehatan

Dinkes Poso Libatkan 24 Bidan Desa, Pelatihan Deteksi Dini IVA TES

POSOLINE.COM- Dinas Kesehatan (Dinkes) Poso menggelar pelatihan  kanker serviks atau kanker mulut rahim, menggunakan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA TES) untuk mendeteksi dini terjadinya kanker leher dan payudara.

Kegiatan selama 3 hari itu digelar di Hotel Kartika yang dibuka secara resmi oleh dr. Taufan Karwur selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso, Kamis, 19/9/2019.

Mengutip data WHO, Taufan Karwur mengungkapkan penyakit kanker merupakan penyakit pembunuh nomor dua di dunia setelah kardiovaskular.

“Rentannya penyakit ini sangat mudah menyerang manusia, karena penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah” jelas Taufan Karwur dihadapan sedikitnya 24 bidan dari berbagai Puskesmas yang menjadi peserta kegiatan itu.

Lebih jauh Taufan menjelaskan tujuan dari pelaksanaan pelatihan itu agar para bidan desa di Poso memiliki keterampilan deteksi dini kanker leher rahim dan payudara bagi pasiaen dan masyarakat wilayah puskesmas di Kabupaten Poso, sehingga dapat menurunkan angka kejadian kanker di wilayah ini.

Bahkan katanya, metode pelatihan yang diselenggarakan selama 3 hari ini, adalah dengan melibatkan tenaga kesehatan dokter umum puskesmas dan bidan yang nantinya menjadi pengawas kegiatan deteksi dini kanker payudara dan rahim. (Rus)

 

Editor : Simson Towengke

 

 

Opini Anda

Berita Lainnya   RSUD Poso Layani Surat Keterangan Bebas Covid-19
Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close