Poso Membangun

Bupati Poso Paparkan 7 Skala Prioritas Rencana Kerja 2024

𝗣𝗢𝗦𝗢𝗟𝗜𝗡𝗘.𝗖𝗢𝗠- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso menggelar Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten, dibuka oleh Bupati dr Verna Inkiriwang membuka Musrenbang dan RKPD tingkat Kabupaten, di Gedung Torulemba, Rujab Bupati Poso, Jumat (17/03-23).

Dikatakan Bupati pada tahun 2023 Pelaksanaan Musrenbang sangat penting karena merupakan penjabaran tahun ke-4 dari RPJMD Kabupaten Poso Tahun 2021-2026 dengan tema pembangunan Kabupaten Poso tahun 2024 yaitu ‘Meningkatkan kualitas SDM berdaya saing dan pelayanan publik berbasis desa’.

Bupati Poso paparkan, ada 7 skala prioritas pembangunan daerah Kabupaten Poso di Tahun 2024

1. Peningkatan pelayanan dan pemulihan kesehatan masyarakat, 

2. Peningkatan kualitas dan akses pendidikan secara inklusif, 

3. Pemulihan ekonomi daerah melalui sektor umkm, pertanian, perikanan dan pariwisata, 

4. Pembangunan infrastruktur dan peningkatan konektivitas antar wilayah, 

5. Percepatan reformasi birokrasi dan transformasi pelayanan public, 

6. Peningkatan ketentraman dan ketertiban umum

7. Mitigasi bencana dan lingkungan hidup.

Selain itu ia mengingatkan kepada seluruh perangkat daerah agar dapat melakukan berbagai hal dalam mencermati indikator kinerja dan target kerjanya masing-masing yang telah ditetapkan dalam RPJMD. Melaksanakan koordinasi secara intensif dengan perangkat daerah mitra bidangnya, memperkuat pejabat yang menangani bidang perencanaan perangkat daerah dan melaksanakan terobosan serta inovasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

“Hal ini bertujuan untuk memperkuat program prioritas yang telah ditetapkan dalam RPJMD dan Renstra perangkat daerah Tahun 2021-2026,” kata Bupati mengingatkan.

Beberapa capaian yang berhasil diraih diantaranya adalah penghargaan tercepat dalam penyaluran BLT Dana Desa dengan predikat terbaik di Provinsi Sulawesi Tengah dan peringkat sepuluh besar secara nasional, serta penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

“Hal ini menjadi wujud komitmen Pemda Poso dalam mencapai cakupan kesehatan semesta terhadap pelayanan kesehatan yang mudah diakses bagi semua lapisan masyarakat. Terdapat juga peningkatan dalam beberapa aspek, seperti penurunan angka stunting, peningkatan angka rata-rata lama sekolah, penurunan angka kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang meningkat, dan penurunan tingkat pengangguran terbuka,” jelas Bupati Poso.

Trend positif tersebut menurut bupati Poso harus dijaga dan dipertahankan bersama serta dapat ditingkatkan lebih baik lagi melalui kerja keras bersama untuk meningkatkan produktivitas menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dengan mensinergikan program/kegiatan dengan penguatan pada tujuh program unggulan pemerintah Kabupaten Poso.

“jika hal ini dilaksanakan dengan maksimal dan penuh tanggung jawab akan menjadi bagian dari langkah cepat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” ungkapnya.

Turut dihadiri Forkompinda Kabupaten Poso, Kepala Bapelitbangda Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Subhan Basir, S.T, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Frits Sam Purnama, S.H, M.Ap, para Asisten dan staf ahli Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Kepala Bapelitbangda Poso, para pimpinan OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala BUMN dan BUMD serta para camat, para tokoh agama dan masyarakat Kabupaten Poso, LSM serta tamu lainnya. PL

(Diskominfosandi Poso)

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!