Daerah

Program Gempar Pemkab Morut, Warga Dapat Bantuan Benih Ikan

𝗣𝗢𝗦𝗢𝗟𝗜𝗡𝗘.𝗖𝗢𝗠 – Program Gerakan Masyarakat memanfatan lahan pekarangan (Gempar) yang dicanangkan Pemkab Morowali Utara (Morut) mulai 2022, semakin luas jangkauannya ke berbagai desa.

Pada Jumat (25/11) di Desa Pawaru, Kecamatan Lembo Raya, Bupati kembali menebar 1.000 ekor benih ikan nila dan mujair pada kolam terpal berkonstruksi besi ukuran diameter tiga meter dan tinggi 130 centimeter.

Program Gempar Pemkab Morut, adalah bantuan kolam ikan terpal itu diberikan kepada keluarga Adi Sastria Sila yang berkategori keluarga miskin dan memiliki anak yang mengalami stunting atau kekerdilan.

Selain kolam ikan, kepada keluarga ini juga diberikan bantuan bibit durian yang diharapkan akan dikembangkan untuk kehidupan masa depan keluarga dan pencegahan stunting.

Kepala Dinas Perikanan Sulteng Yunber Bamba, A.Pi, M.Si mengemukakan bahwa selain memberikan bantuan kolam terpal dan bibit durian, Dinas Perikanan juga akan memberikan bantuan pakan serta pendampingan teknik budidaya agar berjalan intensif dan sukses.

Di Kecamatan Lembo Raya, tercatat sembilan keluarga miskin yang anak-anaknya berpotensi stunting, sehingga ditetapkan menjadi sasaran program Gempar.

Program Gempar Pemkab Morut, Bupati Delis J. Hehi menjelaskan, program gempar menyasar keluarga tidak mampu dan anak-anaknya berpotensi stunting. hasil perikanan dan tanaman buah-buahan yang diberikan nanti diharapkan menjadi sumber asupan makanan yang berkualitas serta tambahan pendapat bagi keluarga penerima bantuan.

“Hal yang istimewa dalam program Gempar ini adalah tidak menggunakan dana APBD, namun semuanya bersumber dari dana CSR perusahaan yang beroperasi di Morut,” ujarnya.

Sebagi contoh, untuk bantuan dua kolam terpal, penyediaan pakan dan bibit buah-buahan, itu bersumber dari dana CSR PTP.IV yang berpusat di Makassar, Sulsel. Perusahaan ini memiliki areal perkebunan karet ribuan hektare di Kecamatan Lembo Raya.

Berita Lainnya   77 Tahun Indonesia Merdeka, Warga Pedalaman Wana Morowali Utara Berjuang Lewati Jalan Kubangan Lumpur

Di sela acara penebaran benih ikan yang disaksikan Ketua DPRD Morut Hj. Megawaty Ambo Asa itu, Ketua Tim Penggerak PKK Febriyanthi H. DJ. Hehi, S.Si, Apt memberikan bimbingan kepada ibu rumah tangga penerima bantuan mengenai cara merawat anak mereka yang terindikasi stunting seperti pemberian asupan makanan dan minuman bergizi serta pengobatan. MCDD

Opini Anda

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close