Ekonomi

Nissan Livina Produksi di Indonesia, Ekspor ke Philipina Harga Lebih Mahal

𝗣𝗢𝗦𝗢𝗟𝗜𝗡𝗘.𝗖𝗢𝗠– Nissan Livina secara resmi meluncur di Indonesia pada Februari 2019. Tak hanya dijual untuk pasar dalam negeri, Low MPV 7-seater yang dibuat di pabrik Mitsubishi di kawasan GIIC kota Deltamas, Cikarang Pusat bersamaan dengan Xpander tersebut juga diekspor ke Filipina pada awal Agustus tahun ini.

Dilansir dari Autofun.co.id, untuk model berbeda sebelumnya yang dinamai Grand Livina, pada generasi keduanya ini pabrikan hanya menamai Nissan Livina. Bukan cuma di Indonesia, nama serupa juga dipakai untuk pasar ekspor.

Penghapusan nama Grand pada generasi kedua Nissan Livina ternyata mempunyai alasan yang simpel.

“Penghapusan nomenklatur Grand pada Nissan Livina dilakukan agar nama nya lebih menonjol,” ujar Juan Manuel Hoyos, presiden Nissan Philippines Inc (NPI) seperti yang dikutip dari Autoindustriya.

Dirinya pun menambahkan dengan pencabutan nama Grand dari sosok Livina supaya orang mudah dalam menyebutnya.

“Ini merupakan cara pembuat mobil untuk penyebutan nama kendaraan jadi lebih langsung. Namun, alasan untuk menyebut MPV sebagai Livina mungkin juga merupakan keputusan regional, yang akan kita bahas nanti,” tambahnya.

“Di Indonesia sudah menggunakan nama Livina untuk Low MPV 7-seater berbasiskan Xpander. Jadi tidak masuk akal juga jika NPI menggunakan kembali nama Grand Livina,” ungkapnya.

Selain di Livina, Nissan Juga Pernah Menghapus Nama Tengah Navara
Nissan Navara, Nissan Navara
Sebelum terjadi pada Livina, Nissan juga pernah menghilangkan nama di tengah pada produk lainnya. Ini terjadi di generasi penerus Frontier Navara, dimana Nissan Filipina masih menggunakan nama Frontier, sedangkan di negara lain hanya memakai nama Navara.

Sebagai informasi, Nissan Livina buatan Indonesia untuk pasar Filipina memakai spesifikasi yang sama. Untuk mesinnya menggunakan 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve 4-silinder segaris berkapasitas 1.499 cc dengan tenaga 105 PS @6.000 rpm dan torsi 141 Nm @4.000 rpm. Begitupun transmisinya, Livina ekspor ditawarkan manual dan matic 4-percepatan.

Berita Lainnya   OJK : Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Tengah Meningkat, Capai 11,7 Persen 

Nissan Livina
Nissan Livina versi ekspor terlihat mirip dengan yang dijual di Indonesia
Untuk pilihan variannya pun mirip dengan versi Indonesia, yakni 1.5 E MT, 1.5 EL AT, 1.5 VE AT, dan 1.5 VL AT.

Namun untuk harganya, di negara yang memiliki julukan Lumbung Padi Nissan Livina dibandrol lebih mahal dibandingkan di Indonesia, mulai dari 1.029.000 peso hingga 1.209.000 peso atau setara dengan Rp 268 jutaan sampai Rp 315 jutaan.**

Opini Anda

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close