Daerah

Mantan Kajati Sulteng Johanis Tanak Jabat Wakil Ketua KPK

Suasana pengambilan suara di Komisi III DPR RI untuk menentukan pengganti Lili Pintauli Siregar di KPK. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)

𝗣𝗢𝗦𝗢𝗟𝗜𝗡𝗘.𝗖𝗢𝗠– Komisi III DPR RI menetapkan Johanis Tanak sebagai pengganti Lili Pintauli Siregar di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Diberitakan Kompas tv, adapun calon pengganti Lili Pintauli Siregar yang diusulkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah I Nyoman Wara dan Johanis Tanak.

Keputusan itu diambil berdasarkan hasil pemungutan suara terbanyak dari seluruh anggota Komisi III DPR yang hadir.

Pengambilan suara itu dilakukan setelah keduanya menjelaskan visi dan misi mereka dalam agenda uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Johanis Tanak memperoleh 38 suara. Sementara I Nyoman Wara mendapatkan 14 suara. Kemudian yang tidak sah adalah 1 suara.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menanyakan kepada peserta yang hadir untuk menyetujui Johanis Tanak sebagai pimpinan KPK.

“Atas nama Johanis Tanak terpilih sebagai calon pimpinan KPK. Apakah dapat disetujui?” tanya Adies Kadir.

“Setuju,” jawab seluruh anggota.

Seperti diketahui KOMPAS.TV, Lili Pintauli sebelumnya mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo di tengah dugaan kasus gratifikasi yang melilitnya.

Ia diduga melanggar kode etik karena menerima tiket MotoGP 2022 Mandalika dan mendapatkan fasilitas akomodasi melalui anak perusahaan PT Pertamina (Persero).

Surat pengunduran diri Lili diteken Jokowi pada Juli 2022 lalu. **

Opini Anda

Berita Lainnya   Satlantas Polres Touna Masuk Sekolah, Penting! Sosialisasi Ops Zebra
Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close