Kesehatan

Pendamping PKH Pamona Timur Bekali KPM Cara Cegah Penyakit Pasca Melahirkan

𝗣𝗢𝗦𝗢𝗟𝗜𝗡𝗘.𝗖𝗢𝗠- Upaya Pemerintah untuk memberikan pendampingan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) melalui Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), pertemuan dilaksanakan Desa Olumokunde, Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Minggu (28/08-22).

Yennie Anasim selaku pendamping mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong percepatan perubahan perilaku KPM (Keluarga Penerima Manfaat) melalui beberapa pembelajaran terkait dengan peningkatan kapasitas KPM.

“Sehingga diharapkan secara perlahan-lahan KPM bisa keluar dari zona kemiskinan dan ini bisa berdampak pada kurangnya angka kemiskinan di Indonesia,” jelas Yennie, dihubungi, Senin (29/08-22).

Kata Yennie untuk Kecamatan Pamona Timur ada empat desa menjadi tanggung jawabnya, Desa Kamba, Olumokunde, Magapu dan Pancasila telah dilaksanakan program P2K2 sampai pada Modul 3 yaitu Kesehatan dan Gisi.

Hal ini sebutnya, agar menjadi lebih menyentuh pada hal yang KPM butuhkan, dengan berkolaborasi bersama tim kesehatan dari Puskesmas Olumokunde.

“Dari tim kesehatan dr. Riski Bandaso membawakan materi yang difokuskan pada pencegahan penyakit pasca melahirkan,” sebutnya.

Katanya, selain menerima materi, para KPM juga dilayani pemeriksaan kanker serviks melalui metode pap smear bagi Keluarga Penerima Manfaat PKH untuk usia produktif.

“Karena pada 2 tahun terakhir sudah 3 anggota PKH desa Kamba yang meninggal akibat penyakit muncul pasca melahirkan,” terangnya.

Sebagai pendamping kata Yennie sebelumnya sudah dibekali dengan pelatihan. Karena hal ini banyak masyarakat beranggapan bahwa PKH hanya merupakan program pemberian bantuan secara material kepada KPM.

Padahal menurutnya, selain itu program ini secara komprehensif menfollow up secara terstruktur agar KPM secara perlahan bisa meningkatkan kapasitas keluarga. Sehingga berimplikasi positif pada perbaikan taraf hidup mereka dan menjadi mandiri melalui program P2K2.

Untuk diketahui, ada 5 Modul yang harus didapatkan oleh KPM yaitu:

Berita Lainnya   Polda Sulteng dan Yayasan Budha Tzu Chi gelar Operasi katarak dan Hernia

1. Pendidikan dan Pengasuhan anak;

2. Pengelolahan Keuangan Keluarga;

3. Kesehatan dan Gizi

4. Perlindungan Anak

5. Kesejateraan Sosial.**

Opini Anda

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close