Poso Membangun

BPK Sulteng Serahkan LHP Pemkab Poso, Yasin: Segera Menindaklanjuti

PALU, POSOLINE.COM- Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh BPK Perwakilan Sulteng kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso, di Kantor BPK RI Perwakilan Sulteng, di Palu, Rabu (12/01-22).

Kepala BPK Perwakilan Sulteng Slamet Riyadi menyampaikan, kesempatan ini BPK menyerahkan 5 laporan hasil pemeriksaan kinerja, diantaranya merupakan pemeriksaan tematik nasional terkait pengelolaan vaksinasi COVID-19.

“Pertama tematik lokal terkait kemandirian fiskal daerah dan satu pemeriksaan kinerja signifikan lainnya terkait BUMD,” jelas Kepala BPK Sulteng Slamet Riyadi.

Dalam LHP kata Slamet ada pemeriksaan kepatuhan terkait tema pemulihan pasca bencana dan pengelolaan belanja daerah.

Sementara untuk Kabupaten Poso, LHP yang diserahkan terkait Pemeriksaan kinerja atas upaya pengelolaan vaksinasi dalam rangka percepatan penanggulangan COVID-19 Tahun anggaran 2021.

Selain Kabupaten Poso, LHP oleh BPK , Pemerintah Kota Palu juga masuk, Kabupaten Tojo Una-Una serta instansi terkait dalam pemeriksaan kinerja atas upaya pengelolaan vaksinasi dalam rangka percepatan penanggulangan COVID-19 anggaran 2021.

Terkait dengan LHP Pemkab Poso, Wakil Bupati Poso Yasin Mangun menyampaikan akan menindaklanjuti hasil pemeriksaan itu.

“Dengan membangun sistem pengendalian intern yang baik masing-masing OPD serta meningkatkan jumlah kualitas SDM yang memiliki latarbelakang pendidikan dan pelatihan di bidang keuangan yang terkait dengan pengelolaan keuangan daerah,” jelasnya.

Yasin juga mengatakan, peran dan fungsi Inspektorat Pemkab Poso lebih ditingkatkan lagi dengan menempatkan tenaga profesional.

Acara penerimaan LHP di Kantor BPK Perwakilan Sulteng juga dihadiri, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso, dr. Taufan Karwur, Inspektur Kabupaten Poso, Rudy R. Rompas, S.H., M.H. SON

Opini Anda

Berita Lainnya   Terima Hasil LHPK dan DTT dari BPK RI, Pemkab Poso akan Pertahankan Opini WTP
Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close