Poso Membangun

95 Persen BUMDes Di Poso Tidak Sehat, Ada Desa Tanpa Fasilitas Komputer

POSOLINE.COM- Dari 141 Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang ada di Kabupaten Poso, hanya 6 BUMDES saja yang dinilai sehat, berdasarkan hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Provinsi (BPKP) Sulteng.

Selain itu, ada sebanyak 36 BUMDES yang pelaporannya tidak lengkap, sementara yang sisanya sama sekali tidak membuat laporan, alias gagal total.

Adanya fenomena ini, mendorong pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Poso, untuk melakukan pendalaman akar persoalannya.

“Nah ini akan menjadi target saya, mau mencoba mengetahui, apa yang menjadi penyebabnya. Namun dari data-data yang ada, alasannya karena tidak dilengkapi fasilitas komputer, pengurus tidak dapat gaji dan hubungan komunikasi dengan Kades termasuk perangkat desa yang tidak harmonis,” ungkap Kadis PMPD Poso Fritsam Purnama, Selasa (11/01/-22).

Kalau itu semua mereka dijadikan alasan atau penyebab tidak sehatnya tata kelola usaha milik desa, itu tinggal dijadikan alasan pembenarannya.

“Padahal BUMDES ini sudah dibantu misalnya 150 juta dari Dana Desa tapi masa iya tidak bisa adakan komputer, itu hal yang tidak mungkin,” tegas mantan  Inspektur Morut.

Dia menyebutkan, dari hasil pengamatan saya, pokok masalahnya ada pada sumber daya manusia untuk memilih jenis usahanya untuk dikembangkan.

Sebagai bentuk langkah pencegahan agar persoalan tersebut tidak berulang terjadi. “Ke depan selain Inspektorat pihaknya juga akan bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Poso dalam pengawasan dan pemeriksaan,” tegasnya.

“Kalau dipersentasikan dari 141 jumlah keseluruhan BUMDES di Poso, angka kegagalannya mencapai 95 persen, itu artinya gagal total,”pungkasnya. (DM)

(foto : desa bisa.com)

Opini Anda

Berita Lainnya   DPRD Poso Apresiasikan 2018 Kinerja OPD Capai Target
Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close