Sosial Budaya

Tidak Puas Hasil PILKADES, Calon Diberi Waktu Sanggahan

POSOLINE.COM- Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah akhirnya selesai dilaksanakan pada 04 Desember 2021 kemarin, telah terpilih 80 Kepala Desa (kades).

Namun demikian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD ) Kabupaten Poso belum menerima secara resmi nama kades terpilih, karena masih menunggu pengesahan dari BPD masing-masing desa setelah berakhir masa sanggah.

Nantinya BPD Desa yang ikut Pilkades 04 Desember kemarin akan melayang kan surat yang ditujukan kepada Dinas PMD Poso. “Kami masih menunggu dulu surat dari BPD masing-masih Desa,” jelas Kepala Bidang Pemerintah Desa Ridwan Bempah S.Sos, MS.i, ditemui, Senin 06/12-21.

Menurutnya, setelah selesai pemilihan, ada lagi proses masa sanggah. Diberi ruang selama 3 hari, itu bagi Desa yang tidak bermasalah dalam proses pemilihan Kepala Desa.

Dalam waktu sanggah, panitia PILKADES membuka ruang bagi calon kades menolak hasil pemilihan untuk mengajukan gugatan.

Selanjutnya, kata Ridwan setelah ada gugatan dari Cakades diberi kesempatan 3 x 24 jam, terhitung sejak hari perhitungan suara.

Sedangkan untuk pelantikan Kades terpilih sebut Kabid Pemdes tanggal 17 Desember atau tanggal 20. “Atau diantara tanggal 17 sampai tanggal 20, dengan petunjuk Bupati Poso,” jelasnya.

Sementara.Plt. Kadis dr. Djani Moula mengatakan, kalau ada sanggahan dari Calon Kades tidak mempengaruhi proses pelantikan.

“Nantinya, Bupati akan mengeluarkan keputusan tentang pengesahan dan pengangkatan Kepala Desa terpilih,” jelas Djani Moula. SON

Opini Anda

Berita Lainnya   Ketua FKUB Sulteng Ingatkan Waspadai Potensi Penyebaran Radikalisme
Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close