Kolom

‘POSO’ Kota Ku Masih Gelap, Padahal PLTA ke 3 Terbesar di Indonesia

Oleh : Ahmad Rifai

POSOLINE.COM- Kabupaten Poso adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Kabupaten ini mempunyai luas wilayah 7.112,25 km² dan berpenduduk sebanyak 256.396 jiwa (2020) dan Ibu kota kabupaten terletak di Kota Poso.Kabupaten poso juga adalah kabupaten yang memiliki banyak potensi untuk dikelola baik itu pertanian, maupun alam.

Ada dua perusahaan besar yang ada di kabupaten poso yaitu PT. Sawit Jaya Abadi 2 (PT. SJA2) dan PT. Poso Energy. Kedua perusahaan ini cukup sedikit membantu masyarakat lokal atau daerah karena membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang sudah selesai jenjang pendidikan baik itu SMA,D3 maupun S1 dan S2.

Mungkin itu dalam persfektif menciptakan lapangan pekerjaan dan lingkup pekerja pada karyawan perusahaan, tapi bagaimana dengan masyarakat yang tidak bekerja di perusahaan tentu aktivitasnya bervariasi, ada yang mencari dimulai saat pagi, siang sore, malam sampai ada yang dari subuh hari.Dan tentu kehadiran perusahaan tersebut harus berdampak pada seluruh masyarakat.

PLTA Sulewana atau PLTA Poso, adalah sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air yang terletak di Sulewana, Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia. PLTA ini mulai dibangun pada tahun 2003 dan memiliki tiga pembangkit listrik utama. PLTA Poso I memiliki kapasitas daya 60 mw, PLTA Poso II memiliki kapasitas daya 180 mw, dan PLTA Poso III memiliki kapasitas daya 300 mw. Tiga pembangkit listrik PLTA ini menggunakan air dari Sungai Poso sebagai sumber daya. Sungai Poso yang dijadikan sumber air PLTA Poso memiliki debit 125 m3/s. PLTA ini dikelola oleh PT. Poso Energy.

Kabupaten ketika sudah malam hari sudah mulai gelap karena beberapa lampu-lampu di jalan tidak berfungsi sebagai penerangan jalan sehingga beberapa masyarakat yang beraktivitas dimalam hari terhambat dengan kegelapan dimalam hari dan ini juga akan memberikan peluang kriminalitas terjadi di Poso jika penerangan jalan tidal berfungsi secara baik.

Berita Lainnya   Refleksi Natal 2021 ‘Megilu’ Dalam Perspektif Ekoteologi

Dengan kehadiran PLTA di Poso dan beragamnya aktivitas masyarakat saya berpikir perlu asupan listrik yang memadai di kabupaten pemasok listrik ini, untuk menerangi seluruh daerah yang ada di kabupaten poso. karena saya pikir bahwa kehadiran perusahaan tersebut harus bermanfaat bagi masyarakat banyak khususnya masyarakat poso.

Tentu pemda poso harus menyikapi problem penerangan jalan di poso ini untuk meminimaliris kriminalitas dan menunjang penghasilan masyarakat yang beraktivitas di malam hari.

Penulis : Alumni Fekon Unsimar Poso

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close