Kolom

Mendirikan Monumen adalah langkah menarik wisatawan ke Poso

Penulis : Ahmad Rifai

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan sebagian peristiwa yang mampu dibuktikan dengan bahan kenyataan. Sejarah diberikan arti sebagai catatan tentang warga umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat warga itu.

Sejarah panjang Indonesia tidak lepas dari berbagai macam fonemena yang ada baik dilingkup Internasional, Nasional, Regional maupun Lokal sehingga menjadi sebuah bahan pembelajaran bangsa indonesia akan sejarah panjang yang pernah ada.
Poso merupakan sebuah kabupaten yang berada ditengah-tengah pulau sulawesi dan juga berada pada jantung Sulawesi Tengah.

Berbicara sejarah tentu menjadi menarik ketika membahas Poso karena sejarah panjang indonesia juga yang masih ramai diperbincangkan adalah sejarah tentang konflik diberbagai daerah diantaranya yaitu Poso.

Sejarah panjang dan kelam Poso merupakan sebuah sejarah yang harus menjadi pelajaran bagi kita semua karena sebenarnya perbedaanlah yang membuat kita kuat dan saling menguatkan. Kadang kelompok A, tidak mampu tapi kelompok B, mampu yah saling support begitupun sebaliknya, itulah sebenarnya semangat Bhineka Tunggal Ika yang di cita-cita para pendiri bangsa.

Ada hal menarik sebenarnya yang memang betul-betul serius dan saat ini belum kita liat dengan mata kita.
Warga Dunia ketika mengetahui kita dari poso maka yang tergambar dipikirannya adalah Konflik dan memang hampir semua berpandangan seperti itu, meski hari ini sudah ada berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk pembenahan tapi agak sulit mengubur dan menghilangkan sebuah iconik yang sudah membekas dalam pikiran publik.

Seharusnya yang perlu dilihat pemerintah adalah apa feedbeak dari sejarah panjang itu? Sebenarnya kalau saya melihat pemerintah harus mendorong dan membangun sebuah infrastruktur atau sebuah monumen yang memang nantinya akan menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Poso karena monumen di lengkapi dengan sejarah masa kelam poso tadi dan saya pikir ini adalah peluang untuk pemerintah.

Mungkin bukan hanya monumen saja tapi harus ada ikon yang menjadi kebanggaan rakyat Poso, mungkin patung perdamaian atau sebuah bangunan yang menjelaskan bagimana konflik itu menjadi pembelajaran untuk kita semua.

Berita Lainnya   Poso Berbenah : Setelah Parasamya Menanti Adipura

Penulis : Ahmad Rifai

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close