Poso Membangun

FKS Bantu Petani Desa Kilo Kembangkan Tanaman Porang Untuk Penguatan Ekonomi

POSOLINE.COM- Forum Keserasian Sosial (FKS) Desa Kilo, Kecamatan Poso Pesisir Utara melaksanakan penguatan kapasitas ekonomi melalui pelatihan tanaman porang kepada petani di wilayah itu.Sabtu (23/10/21).

Pelatihan ini yang kedua kalinya dilakukan FKS Desa Kilo bersama petani melalui program sinergisitas antar kementerian/ lembaga dalam mengembangkan tanaman porang.

Hadir dalam kegiatan tersebut ketua FKS Desa Kilo, Faizal Kalinte, Sekdes Kilo, Hajrin Keppa dan para warga petani Desa Kilo sebanyak 50 orang.

Ketua FKS Desa Kilo, Faizal Kalinte mengatakan, pelatihan ini sangat penting dilakukan untuk warga.

Hal itu untuk melakukan penguatan ekonomi masyarakat Desa Kilo terutama yang beraktivitas di kebun di kaki gunung biru yang menjadi lokasi operasi satgas madago raya perburuan kelompok MIT.

“Dengan adanya kejadian aksi-aksi kelompok DPO MIT, masyarakat ketakutan banyak yang tidak beraktivitas, jadi dengan adanya pelatihan ini masyarakat bisa memanfaatkan untuk beraktivitas kembali tanpa harus ke lokasi kebun

Menurut Faizal, karna 80 persen warga Desa Kilo itu bekerja sebagai petani yang lokasi kebunnya di kaki gunung biru.

Faizal menyampaikan, pelatihan ini pun dilakukan bagian antisipasi warga agar tidak terlibat melaksanakan aktivitas terkait kelompok MIT di gunung biru.

Sekdes Desa Kilo, Hajrin Keppa menyampaikan, apresiasinya dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut yang diinisiasi oleh FKS Desa Kilo.

Hajrin berharap, pelatihan tanaman porang ini tidak hanya sebatas pelatihan saja tapi berkelanjutan dilakukan dan bisa direalisasikan dalam aktivitas bertani.

Dalam kegiatan ini pihak FKS juga menyerahkan bibit tanaman porang untuk petani.(RD)

Opini Anda

Berita Lainnya   Dengan Tertib Pendataan, Pemkab Poso Efisienkan Pembiayaan PJU
Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close