Kesehatan

Covid-19 Poso Menurun, Satu Positif dari 59 Spesimen Diuji Swab

POSOLINE.COM- Penanganan dan pengendalian penyebaran virus corona di Kabupaten Poso dalam kondisi membaik, pasca 59 spesimen dilakukan pengujian swab di laboratorium Makasar, hanya satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

Hasil ini menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso Taufan Karwur, ini merupakan salah-satu indikator penyebaran virus ini menurun, padahal jika dilihat dari intensitas aktifitas keseharian masyarakat begitu tinggi.

Terkait dengan riwayat pasien yang terkonfirmasi positif Kata Taufan, sebelumnya dari hasil 59 spesimen yang sudah dilakukan pengujian, hanya satu yang positif. Pasien tersebut mempunyai riwayat sebagai pelaku perjalan, berdomisili di Kecamatan Poso Kota Utara, Kabupaten Poso, Sulteng.

“Bahwa pasien positif Covid-19 itu, adalah warga Kecamatan Poso Kota Utara, dengan riwayat kontak pelaku perjalanan,” kata Taufan, di Kantornya, saat ditemui Selasa 16/06-2020.

Menurut Taufan, satu pasien positif corona itu sebelumnya telah menjalani perawatan di RSUD Poso, terdaftar sebagai salah-satu Pasien Dalam pengawasan (PDP).

Terpisah, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso Marwan Neno menyampaikan, satu pasien Poso terkonfimasi positif covid-19 merupakan pelaku perjalanan dari Provinsi Sulsel berinisial RK (38).

Menurutnya, warga Kecamatan Poso Kota Utara itu dinyatakan positif Covid-19 itu, setelah menerima hasil Swab positif dan dilakukan juga dengan uji rapid tes hasil positif.

Dirinya menjelaskan, sebelum dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19, setiba dari luar daerah, RK mengeluhkan keluhan pada saluran nafasnya dan berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan di RSUD Poso.

“Warga yang terkonfirmasi Covid-19, setalah tiba di Poso dari luar daerah ada keluhan gejala-gejala saluran nafas, sehingga melakukan pemeriksaan dan langsung dirawat diisolasi RSUD Poso,” jelasnya. SON

Opini Anda

Berita Lainnya   Pemkab Poso Target 2025 Penyakit Purba "Schistosomiasis" Punah
Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close