Pendidikan

Prof Rahman Rahim: Tutor Garda Terdepan Tingkatkan Kualitas Luaran UT

𝐌𝐀𝐊𝐀𝐒𝐒𝐀𝐑- Kehadiran tenaga tutor dalam proses pembelajaran sangat menentukan maju dan mundurnya Universitas Terbuka (UT). Tutor menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kualitas luaran perguruian tinggi negeri yang sudah berbadan hukum ini.

Demikian penegasan Direktur UT Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE MM saat memberi sambutan pada acara Penyamaan Persepsi Tutor Webinar Semester Genap 2022/2023, Sabtu 23 September 2023 di Kantor UT Makassar.

Dijelaskan, selain menjadi garda terdepan para tutor juga diharap dapat jadi marketing bagi kampus agar mahasiswa setiap semester terus mengalami peningkatan. Tutor yang setiap saat berinteraksi dengan para mahasiswa untuk terus menghimbau para mahasiswanya untuk mengajak keluarga dan relasi mendaftar di UT.

Jumlah mahasiswa sebagai sumber pendapatan akan menentukan keberlanjutan dan kesinambungan proses pembelajaran UT. Hal demikian tidak terlepas dari status UT yang telah menjadi PTN Berbadan Hukum.

Status PTN-BH memberi kesempatan dan peluang bagi UT secama mandiri mengelola keuangan serta diberi peluang untuk mengelola sumber sumber keuangan yang ada.

Selanjutnya prof.Rahman menambahkan manfaat lain dari PTN BH adalah pembukaan/penutupan program studi tidak mesti lagi harus mendapatkan ijin dari Kemendikbud RI tetapi cukup rektor yg mengeluarkan ijin dan sudah bisa langsung menerima mahasiswa baru.

Predikat PTN-BH memungkinkan UT dapat membuka usaha bisnis yg profitable seperti industri pertambangan, manufaktur, perdagangan lainnya sebagai usaha memperoleh dana yang besar untuk menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas pendidikan di UT.

Gambaran wajah UT juga sangat ditentukan oleh para tutor dengan kemampuan melakukan transper pengetahuan terbaru kepada para mahasiswa tentu akan memberi citra positif bagi UT.

Penyamaan persepsi bagi tutor dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Ahad 23-24 September 2023. Pada hari pertama sebanyak 65 tutor yang diundang. Pada hari kedua. Ahad mengundang sebanyak 63 tenaga tutor.

Selama penyamaan persepsi tampil memberikan materi, Manajer Pembelajaran dan Ujian, Dra Kusmaladewi, M.Pd; Penanggungjawab bantuan belajar UT Makassar, Dr. Jalil, S.Pi, MP. CIQnR; PJ. Sub Bidang Ujian dan Nilai UT Makassar, Dra Makkatenni, M.Pd; Pj.Sub Bidang Praktik/Praktikum dan Karil, Drs Subirman Musa, M.Hum serta dosen UT Makassar yang juga Direktur UT Gorontalo pada masanya, Andi Suci Anita, SP, MP. **

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!