Sosial Budaya

Peduli, KODIM 1307 Kunjungi Suku Wana di Touna

 

POSOLINE.COM- Dandim 1307 Poso, Lqetkol Inf Catur Sutoyo bersama sejumlah anggota Kodim 1307 Poso mengunjungi suku wana yang ada di pedalaman Uelamba, Desa Betauwa, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una (Touna). Sabtu, 09 November 2019.

Dalam kunjungan itu, Dandim bersama rombongan itu sebagai wujud kepedulian pihak Kodim Poso terhadap suku wana yang ada di pedalaman.

Menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan motor trail, Dandim bersama sama rombongan Pasi Intel, Lettu Inf Mulawarman, Danramil 1307-04/Uekuli, Kapten Czi Basir Manra dan anggota staf Kodim menuju pedalaman suku wana Uelamba.

Dengan menyusuri lembah gunung, hutan dan sungai Dandim bersama rombongan membutuhkan waktu 2 jam untuk tiba dilokasi.

Sementara kedatangan rombongan Dandim 1307 Poso disambut oleh pembina rohani, Charles Palindja warga Desa Buyumtaripa yang merupakan orang kepercayaan oleh warga suku wana.

Charles menyampaikan, jika suku wana yang tinggal di kampung Uelamba merupakan warga yang telah berpindah dari pedalaman hutan, dan kehidupan mereka tidak menetap atau berpindah pindah.

Hadirnya pembina rohani ditengah-tengah suku wana membawa dampak positif bagi mereka, karena telah banyak mengajar cara bercocok tanam yang dibantu Babinsa Desa Betauwa, Koptu Yanis juga mengajarkan bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan.

Babinsa Koptu Yanis kini sudah memiliki hubungan yang akrab dengan warga suku wana, sehingga telah turut membantu dalam kegiatan pembinaan bercocok tanam, menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Dalam kunjungan itu, Catur Sutoyo berharap, dengan kehadiran Babinsa dapat membantu dan meringankan tugas pembina rohani di pedalaman Uelamba. Dandim bersama rombongan kemudian memberikan bantuan berupa bahan makanan, pakaian yang di butuhkan warga suku wana.

” Kami berharap akan ada lagi orang yang mau peduli dengan warga suku wana yang ada di Desa Betauwa dengan berkunjung serta membawa obat obatan, bahan makanan dan bibit tanaman untuk bercocok tanam,” harap Charles.

Untuk diketahui kampung Uelamba adalah sebuah dusun kecil yang terletak di pedalaman hutan yang ada di Desa Betauwa, Kabupaten Touna. Desa Betauwa merupakan wilayah teritorial dari Koramil 1307-04/Uekuli Kodim 1307 Poso yang saat ini dipimpin langsung Kapten Czi Basir Manra.

Di kampung kecil itu terdapat warga terpencil suku terasing dengan jumlah penduduk 120 jiwa yang berbicara seharinya menggunakan bahasa suku, yakni bahasa taa.

Lokasi kampung tersebut berada ditengah-tengah hutan yang kurang lebih 45 KM dari pusat desa dikelilingi bukit gunung dan hutan, membuat kehidupan suku wana semakin sulit dijangkau oleh masyarakat dan pemerintah. (RD)

Editor : Simson Towengke

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!