Sosial Budaya

Jadikan Danau Poso Sebagai Warisan Geologi Dan Geopark Indonesia

POSOline-  Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) bersama Tim Ekspedisi Poso,menyelenggarakan Sosialisasi Warisan Geologi dan Geopark  di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Senin 08-07/2019.

Peserta dalam sosialisasi di Poso berjumlah 50 orang, yang merupakan perwakilan dari berbagai SKPD, Akademisi, Media dan Masyarakat.  Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Wakil Bupati Poso T.Samsuri. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Badan Geologi Kementrian ESDM dan Pemerintah Kabupaten Poso.

 Ketua IAGI, Sukmandaru Prihatmoko, mengatakan, kegiatan sosialisasi ini penting dilakukan agar Pemda dan Masyarakat tahu keunikan geologi yang ada di Bumi Sintuwu Maroso, khususnya Danau Poso.

“Dilakukan di Poso karena IAGI sedang melakukan penelitian di Kabupaten Poso dan tergabung dengan Tim Ekspedisi Poso, ada beberapa temuan menarik,” katanya.

Tujuannya, seperti yang tertulis di Pasal 3, Melakukan tata kelola pengembangan Geopark guna mewujudkan pelestarian Geoheritage, Biodiversity, dan Cultural Diversity yang dilakukan secara bersama-sama antara Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Pemangku Kepentingan melalui upaya konversi, edukasi, dan pembangunan perekonomian secara berkelanjutan.

 Sedangkan untuk penelitian ini salah-satu Tim  IAGI Arie Kusworo mengatakan,  ada 110 potensi warisan geologi yang ada di Indonesia, 3 diantaranya ada di Sulawesi Tengah, salah satunya adalah Danau Poso dan sekitarnya.

Kondisi geologi Indonesia yang terletak pada pertemuan 3 (tiga) lempeng tektonik mengakibatkanIndonesia memiliki Keragaman Geologi (Geodiversity) yang bernilai, Keragaman Geologi (Geodiversity).

Keragaman ini  memiliki pengembangan taman bumi dilakukan melalui 3 (tiga) pilar meliputi konservasi, edukasi pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan utamanya melalui pengembangan sektor pariwisata, diperlukan tata kelola pengembangan Taman Bumi (Geopark) yang dapat dijadikan pedoman bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.*

Opini Anda

Selengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!